• Uncategorized
  • 0

Reportase Seminar Bandung ICT Expo 2016 & ANJA

Kamis, 20 Oktober 2016

 

Seminar dimulai pada siang hari.

DSC_0696

Seminar pertama dimulai dengan tema TCASH, TCASH adalah layanan uang elektronik dari Telkomsel. TCASH berbeda dengan pulsa. Dimana kamu bisa menyimpan uang kamu dan menggunakannya untuk semua transaksi. Telkomsel telah memiliki izin dari Bank Indonesia sebagai penyedia layanan uang elektronik.

penanya bernama Mas Asep memeberikan testimony tentang kekurangan fitur dr TCASH, dan  menyarankan untuk menambah fitur pada aplikasi TCASH.

Pertanyaan kedua ditanyakan oleh seseorang yg merupakan merchant TCASH, menanyakan tentang perbedaan jumlah  nomimal  saat mentransfer dengan saat uang sudah sampai. pembawa materi menjelaskan pada setiap transaksi memiliki system MDA yaitu potongan biaya dr transaksi tentapi angka potongannya tidak terlalu tinggi hanya sekitar 1 – 2 %.

Selanjutnya Mahasiswa D3TK yaitu Intan (ebey) memberikan pernyataan “TCASH hanya bisa digunakan di toko toko sedangkan Mahasiswa Sering Makan Di warung” dan menyarankan untuk memperluas penggunaan TCASH.

Pertanyaan Selanjutnya diberikan oleh Mahasiswa D3TK lagi yaitu Aditya menanyakan “Apakah TCASH bisa di isi ulang menggunakan pulsa” karna tempat pengisian ulang saldo TCASH biasanya harus ke grapari atau ke booth TCASH tertentu. Pembawa materi menjelaskan saat ini T-CASH sedang dalam proses menambahkan fitur isi ulang menggunakan pulsa dan memperbanyak agen-agen TCASH agar isi ulang bisa menjadi lebih mudah.

Terakhir adalah Bapak Widharma dari Team Telkom School memberikan masukan untuk menambahkan Merchant yaitu Telkom School agar para Mahasiswa bisa melakukan pembayaran SPP menggunakan TCASH.

Sebagai penutup pembawa materi memberikan pernyataan yaitu fungsi pengembangan TCASH adalah untuk mengurangi transaksi tunai di Indonesia.

DSC_0702

 

Seminar kedua dimulai. Seminar kedua bertemakan layanan Digital Music yaitu aplikasi MelOn.

DSC_0723

Pembawa Materi menjelaskan tentang apa itu MelOn. MelOn adalah portal musik digital yang menyediakan konten musik dari berbagai genre, baik musik lokal maupun mancanegara, bahkan termasuk juga musik klasik dan musik tradisional. Berbagai musik yang mengasyikkan dan selalu update dapat dimainkan sebagai streaming, dan dapat juga diunduh ke komputer, Android, Blackberry user untuk dimainkan setiap saat.

DSC_0722

KEUNTUNGAN BERLANGGANAN MELON

  1. Subscription / berlangganan dengan unlimited download (download sepuasnya) & unlimited streaming dengan paket khusus.
  2. Bisa dinikmati di berbagai device (Website, Web Player for PC/ Laptop, Mobile Aplication for Android, Blackberry dan Iphone)

 MENGGUNAKAN SISTEM DRM

DRM adalah Digital Rights Management. Merupakan teknologi akses kontrol yang membatasi dan mengontrol sebuah file yg digunakan, dimainkan, di-share maupun di-copy untuk melindungi Hak Cipta agar terhindar dari Pembajakan dan penggandaan ilegal.

Fisik file musik yang memiliki DRM dapat di-copy tapi tidak dapat dimainkan di PC yang lain. DRM akan membatasi hak waktu pakai sesuai periode waktu berlangganan.

CARA MENDOWNLOAD/ STREAMING LAGU DI MELON

Untuk bisa mendownload/ streaming lagu, anda harus terdaftar menjadi anggota MelOn.

  1. User dapat bergabung melalui WEB (PC) MELON.CO.ID dengan mendaftarkan diri anda terlebih dahulu.
  2. Pilih lagu yang diinginkan.
  3. Setelah memilih lagu, akan muncul judul lagu, artis, album, nomor produk dan pilihan pembelian full track musik DRM download, Streaming serta gabungan DRM download dan Streaming.
  4. Pilih full track musik MP3 download, Streaming atau gabungan DRM download dan Streaming lalu klik download.

 

Sekian Reportasi dari saya di acara Bandung IT Expo 2016 & ANJA. semoga bermanfaat bagi yang membacanya, Terima Kasih.

(Nabil Ghifari)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *